Kesehatan

Cara Memilih Produk Skincare Sesuai Dengan Masalah Kulit

Setiap wanita pasti ingin tampil sehat dan cantik. Merawat tubuh dan wajah merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri, walaupun tetap di dalam rumah jangan sampai tidak menjaga kulit tubuh dan wajah.

Salah satu untuk menjaga kulit wajah yaitu dengan menggunakan skincare. Arti skincare bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Hal ini tentu disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit yang dialami.

Adapun beberapa cara memilih produk skincare sesuai masalah kulit yang dialami adalah sebagai berikut.

1.Jerawat

Jerawat

Pada dasarnya, penggunaan produk skincare untuk kulit berjerawat tergantung pada tingkat keparahan jerawat yang dialami.

Namun, sejumlah kandungan produk skincare untuk kulit berjerawat yang tergolong ringan dan mudah ditemukan tanpa resep dokter, yakni:

  • Asam salisilat
  • Benzoil peroksida
  • Alpha hydroxy acid/AHA
  • Adapalene
  • Tea tree oil

Selalu oleskan sunscreen setelah menggunakan produk perawatan kulit atau obat jerawat yang mengandung bahan-bahan di atas setiap pagi hari.

Pasalnya, penggunaan skincare untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap paparan sinar matahari.

2.Noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat

Noda bekas jerawat dan bintik hitam di wajah dapat bertahan di kulit selama beberapa hingga sampai 6 bulan lamanya untuk dapat sembuh dan hilang sepenuhnya.

Memang, Anda dapat menggunakan make up dan sunscreen untuk mencegah kulit dari kerusakan dan hiperpigmentasi.

Nah, sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan produk skincare yang dapat membantu memudarkan noda bekas jerawat, yaitu:

  • Vitamin C. Anda bisa menemukannya dalam pelembap atau krim wajah.
  • Hasil studi yang dimuat dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology membuktikan bahwa niacinamide dapat membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat.
  • Retinoic acid. Hasil riset pada Indian Dermatology Online Journal menemukan bahwa kondisi bekas jerawat semakin membaik hingga 91,4 persen pada orang-orang yang menggunakan skincare kombinasi retinoic acid dan glycolic acid.

Anda dapat menggunakan berbagai produk skincare dengan bahan-bahan tersebut sebagai skincare routine setelah mencuci bersih wajah. Pakai skincare dengan cara mengoleskan di wajah dan tunggu hingga beberapa menit sambil bermain game joker123 lalu segera bersihkan wajah anda.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki produk skincare yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah.

Jadi, pastikan Anda mengetahui rangkaian produk skincare yang digunakan. Dengan demikian, manfaat dari setiap arti skincare yang digunakan bisa Anda dapatkan secara optimal.

3.Bijak Dalam Menggunakan Skincare Alami dan Lihat reaksi kulit

Bijak Dalam Menggunakan Skincare Alami dan Lihat reaksi kulit

Skincare alami belum tentu baik untuk kulit, terutama untuk racikan sendiri. Terkadang bahan alami yang digunakan belum tentu diketahui efek sampingnya, terutama efek samping jangka panjang. Boleh menggunakan skincare alami, asalkan kulit kita cocok dan tidak ada reaksi negatif.

Banyak produk skincare yang ada dipasaran, bahkan bingung untuk memilih produk mana yang akan digunakan. Sudah beberapa kali mencoba skincare, pastikan menggunakan skincare yang sesuai dengan kulit serta tidak menimbulkan reaksi negatif.

Umumnya skincare tidak memberikan reaksi secara langsung, berhasil atau tidaknya suatu produk skincare dapat memakan waktu yang lama. Sehingga jangan mengharapkan hasil yang instan dari penggunaan skincare.

4.Pastikan Skincare Memiliki Izin BPOM Dan Perhatikan Tanggal Expired

Pastikan Skincare Memiliki Izin BPOM Dan Perhatikan Tanggal Expired

Salah satu cara aman untuk memilih produk skincare yang aman, bisa dengan milihat pada izin edar BPOM pada kemasan.

Jika tidak memiliki izin BPOM mungkin produk tersebut tidak berbahaya, namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya hindari produk yang belum lulus BPOM.

Namun, beberapa produk juga memalsukan izin BPOM sebaiknya apabila ingin membeli produk skincare lebih baik ke toko resminya langsung.

Setiap produk pasti memiliki masa expired, rata-rata produk tersebut memiliki masa 6 hingga 12 bulan sebelum expired, ada juga yang berexpired 24 bulan.

Jika suatu produk skincare tidak memiliki masa expired sebaiknya segera buang seperti masa expired lainnya, dan jika memiliki skincare yang masih tapi tidak digunakan lagi atau tidak cocok bisa diberikan kepada orang terdekat yang jenis kulitnya cocok untuk produk itu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mencocokan kulit kalian dengan skincare yang akan kalian pakai. Semoga bermanfaat.